>

Pengabdian Masyarakat IKM Binaan DISPERINDAG Kota Yogyakarta

Kembali, Universitas AMIKOM Yogyakarta mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan di Kampus Universitas AMIKOM Yogyakarta. Kegiatan yang merupakan bentuk kerja sama dengan DISPERINDAG Kota Yogyakarta ini  diperuntukkan kepada para IKM (industru Kecil Menengah) binaan DISPERINDAG Kota Yogyakarta. Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali para IKM binaan sehingga mereka menjadi lebih kreatif dan memiliki bekal untuk bersaing di industri kreatif yang ada sekarang ini.

Pelatihan terbagi menjadi dua. Pelatihan pertama mengenai e-commerce dilaksanakan pada tanggal 17-27 Juli 2017 di Universitas AMIKOM Yogyakarta, dengan tema bahasan Penjualan/Pemasaran Online. Kegiatan yang diikuti oleh 60 peserta ini bertujuan untuk melatih pada IKM untuk melakukan penjualan secara online. Belanja online yang akhir-akhir ini sedang menjadi trend, sedikit banyak akan memaksa para pelaku bisnis untuk mengubah cara pemasaran serta penjualannya agar tidak kalah saing dan tergerus perkembangan trend pasar. DISPERINDAG Kota Yogyakarta menyadari bahwa dukungan terhadap IKM binaan harus dilakukan semaksimal mungkin, sehingga pelatihan dan pembekalan ini penting untuk dilakukan.

Sementara itu, pada tanggal 21-25 Agustus 2017 juga dilaksanakan pelatihan untuk para IKM binaan DISPERINDAG Kota Yogyakarta dengan tema bahasan yang lain. Tema  pelatihan desain grafis yang diikuti 20 peserta ini bertujuan untuk melatih para IKM pemula untuk mampu menguasai desain grafis sehingga akan dapat dijadikan bekal untuk membuka usaha dalam bidang desain grafis. Pelatihan-pelatihan tersebut nantinya dapat menjadi bekal para IKM untuk turut serta berkontribusi dalam menciptakan industri kreatif di Indonesia, dan untuk jangka panjang bahkan dapat turut serta membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat yang lainnya.