Aplikasi Website sebagai Pendukung Integrasi Data pada Yayasan Taruna Alquran

Yayasan Taruna Al Quran memiliki sekolah yang terdiri dari empat jenjang pendidikan yaitu
Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu), dan KB-TK
(Kelompok Bermain - Taman Kanak-kanak). Sekolah tersebut dikelola oleh masing-masing unit
kerja.
Pada setiap unit kerja terdapat pengarsipan dan pengelolaan data siswa berbeda sesuai
dengan ketentuan pada unit kerja tersebut. Data siswa pada setiap jenjang pendidikan di unit
kerja memiliki ketentuan sendiri dan letaknya masih terpisah pada masing-masing unit kerja.
Hal ini mengakibatkan tidak adanya integrasi data antar unit kerja ketika siswa yang sama
melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di Yayasan Taruna AlQuran. Dan pihak
Yayasan kesulitan mencari data ketika data tersebut dibutuhkan
Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pembuatan aplikasi website untuk
membantu mengatasi kendala yang dihadapi oleh pihak Yayasan. Fitur yang ada pada aplikasi
website untuk pengelolaan integrasi data terdiri dari atur data pendukung untuk siswa (jenjang
pendidikan, kelas, semester, tahun ajaran), data siswa (kelola data siswa), naik kelas (kelola
kenaikan kelas siswa), serta cetak data siswa. Hak akses diberikan kepada admin yayasan dan
admin unit kerja. Data yang ditampilkan untuk admin yayasan adalah semua data siswa pada
seluruh unit kerja dan dapat memilih untuk menampilkan berdasarkan suatu unit kerja. Data
yang ditampilkan untuk admin unit kerja adalah data siswa yang berada di unit kerja tersebut.
Pada fitur naik kelas apabila seorang siswa lulus dari TK Taruna AlQuran lulus dan melanjutkan
ke SDIT Taruna AlQuran, maka tidak perlu melampirkan berkas ulang karena datanya sudah
tersimpan dan bisa diakses oleh unit kerja SDIT.