Simulasi E-Voting Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Sleman untuk Tenaga Teknis Lapangan Universitas Amikom Yogyakarta

Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Amikom Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sleman berencana mengadakan Pemilihan Kepala Desa Berbasis E-Voting. Dalam hal ini LPM Universitas Amikom Yogyakarta menyediakan 200 orang mahasiswa yang nantinya menjadi Tim Teknis Lapangan (TTL). Para mahasiswa yang telah diseleksi untuk TTL telah mengikuti pelatihan TTL yang dilaksanakan oleh Dinas PMD.

Untuk meningkatkan pemahaman para mahasiswa yang menjadi TTL, LPM Universitas Amikom Yogyakarta mendapat pinjaman dua set perangkat E-Voting yang nantinya akan digunakan untuk kegiatan pemilihan kepala desa. Selama dua hari pada tanggal 17-18 Februari 2020, para mahasiswa TTL melakukan simulasi mandiri untuk meningkatkan pemahaman penggunaan perangkat E-Voting. Dalam simulasi ini dikelola oleh para volunteer yang juga merupakan mahasiswa TTL sendiri.

Dalam simulasi ini para mahasiswa TTL melakukan proses dari perakitan perangkat, instalasi perangkat, persiapan sebelum pemilihan, penutupan aplikasi sampai dengan packing perangkat kembali. Selain itu, para mahasiswa TTL dilatih untuk terbiasa dalam menjelaskan perangkat-perangkat yang ada dan juga langkah-langkah yang sedang dilajalankan agar di saat har H mampu menjalankan dan menjelaskan langkah-langkah yang ada. (MaSuk)