Program Pelatihan Multimedia Untuk Mendukung Promosi Usaha

Yogyakarta - Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan listrik seiring tumbuhnya populasi membuat pelanggan listrik terus bertambah. Berdasarkan data Perusahaan Listrik Negara (PLN) jumlah pelanggan listrik hingga akhir Agustus 2017 mencapai 66,63 juta pelanggan. Jumlah tersebut naik 3,65 persen dibanding akhir 2016, yakni 64,28 juta pelanggan. Selama periode 2012-2016, jumlah konsumen listrik rata-rata tumbuh 7,45 persen per tahun. (Sumber: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/09/26/berapa-jumlah-pelanggan-dan-penjualan-listrik-pln-saat-ini, Diakses tanggal 1 November 2019)

Multiteknik engineering merupakan usaha kecil yang bergerak di bidang jasa pengadaan barang serta pemasangan (instalasi) jaringan kelistrikan, audio video, cctv, dan telekomunikasi. Dalam 1 tahun (2018) Multiteknik Engineering telah berhasil menyelesaikan 5 proyek dengan omset 15 juta rupiah, sementara margin laba ditentukan sebesar 5 - 20 persen. Tempat usaha jasa ini adalah sebuah rumah tinggal yang dijadikan tempat administrasi sekaligus tempat penyimpanan peralatan. Adapun pemesanan jasa instalasi dan pengadaan barang biasa dilakukan melalui nomor telepon atau melalui aplikasi percakapan (WA). Saat ini hanya mengandalkan pemasaran jasanya dengan cara mengandalkan relasi, testimoni dan dari orang ke orang. Dengan begitu usaha jasa tersebut belum bisa dijadikan sumber penghasilan utama bagi ibu Alvin Nur Hikmah selaku pemilik usaha.

Pekerja di Multiteknik Engineering tidak mempunyai kemampuan untuk membuat media video yang dikombinasikan dengan teks bergerak. Selain itu juga tidak mempunyai kemampuan untuk mempromosikan usahanya dengan video pada media sosial seperti Youtube. Dari permasalahan tersebut Lembaga Pengabdian Masyarakat yang mewakili Universitas Amikom Yogyakarta mengadakan kegiatan membuat sebuah video berbasis motion graphics yang bertujuan untuk mempromosikan usahanya di media sosial dan memberikan pelatihan editing video.

Manfaat dari adanya program ini adalah agar usaha tersebut nantinya dapat mempromosikan usahanya sendiri menggunakan video melalui media online dan mengembangkan materi video promosinya di kemudian hari. Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari berlokasi di Jl. Sidomoyo, Dsn. Sendari Rt 01/18 Tirtoadi, Mlati - Sleman - DIY. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh dosen dari prodi Informatika, Fakultas Teknik Komputer Universitas Amikom Yogyakarta yakni Bapak Tristanto Ari Aji, M.Kom.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini pemateri bersama-sama dengan pekerja di Multiteknik Engineering telah selesai membuat sebuah video berbasis motion graphics. File yang dihasilkan berupa video dengan ekstensi .mp4 dan resolusi 720P berdurasi 30 detik. Kegiatan ini juga telah berhasil mempromosikan usahanya di media sosial Youtube di channel “Multi Teknik Engineering”.

Video yang sudah diuplaod di channel youtube

Video yang sudah di upload di channel youtube