Program Pelatihan Media Pembelajaran Untuk Pengayaan Bahan Ajar

Yogyakarta - Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar menurut Wiratmojo dan Sasonohardjo tahun 2002 dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pengajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu.

 

TK PKK Hargosari dahulu bertempat di balai desa Hargosari yang beralamatkan di Mojosari, Hargosari, Tanjungsari, Gunungkidul. Semakin tahun TK PKK Hargosari semakin berkembang maka pemerintah Desa Hargosari mempunyai gedung sekolah sendiri, bertepatan dengan program itu ada bantuan dari AMD berupa pembangunan gedung sekolah. Setelah melalui berbagai proses maka beberapa waktu kemudian tepatnya pada tahun 1997 dengan adanya bantuan gedung dari AMD maka berdirilah gedung sekolah TK PKK Hargosari yang berlokasi di Pakel, Hargosari, Tanjungsari, Gunungkidul.

Proses pembelajaran pada TK PKK Hargosari yang masih menggunakan sistem lama yaitu menggunakan 24 buku, membuat siswa merasa mudah bosan dan tidak memperhatikan pembelajaran dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu pihak Sekolah TK PKK Hargosari Ibu Nuryani, selaku Kepala Sekolah TK PKK Hargosari, mengemukakan bahwa pada TK PKK Hargosari membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menyampaikan pelajaran agar anak anak tidak cepat merasa bosan dengan pelajaran yang sedang diajarkan.

Dari permasalahan tersebut Lembaga Pengabdian Masyarakat yang mewakili Universitas Amikom Yogyakarta mengadakan kegiatan pelatihan dan pembuatan aplikasi pembelajaran sebagai upaya menambah bahan ajar  di TK PKK Hargosari yang berlokasi di Pakel, Hargosari, Tanjungsari, Gunungkidul. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh mahasiswa Putri Rimi Cahyani dengan koordinasi dosen ketua kegiatan yakni Bapak Bhanu Sri Nugraha, M.Kom.