Pelatihan Kehumasan Dan Marketing Rumah Sakit PT Kaltim Medika Utama (RSPKT GROUP)

Yogyakarta - Wujud nyata dari pengabdian masyarakat sebagai elemen Tridharma Perguruan Tinggi adalah dengan cara memberikan kontribusi langsung melalui beberapa pelatihan kepada masyarakat. Saat ini sebagian besar masyarakat tanpa kita sadari juga masih banyak yang membutuhkan beberapa pelatihan khusunya dari seorang praktisi ataupun akademisi. Tidak hanya dari segi teknologi yang perkembangannya cukup pesat akan tetapi dari berbagai hal baik segi keterampilan, bisnis, kewirausahaan, motivasi training dan masih banyak hal lagi. Dari situasi ini dapat memungkinkan kegiatan pengabdian masyarakat akan dapat dilaksanan di berbagai elemen masyarakat. Dengan begitu pemenuhan kegiatan Tridharma perguruan tinggi untuk jenis kegiatan pengabdian masyarakat akan lebih mudah terpenuhi.

Rumah Sakit terbesar di Kota Bontang dan terdepan di Kalimantan Timur. Rumah Sakit yang tumbuh dan besar di lingkungan industri,  dari sebuah Klinik First AId di Proyek Pendirian Pupuk Kaltim. Rumah Sakit yang mengemas prestasi Nasional, terakreditasi Depkes RI dan telah terstandar internasional dengan diraihnya ISO 9000-2001. Rumah Sakit yang telah bermetamorfosis dari naungan Yayasan Rumah Sakit Pupuk Kaltim (YRSPKT) menjadi Rumah Sakit Mandiri dengan Jaringan Luas di Kalimantan Timur di bawah naungan PT Kaltim Medika Utama. Karena jaringan yang luas ini harapannya RS.PKT dikenal masyarakat. Pemasaran dilakukan agar masyarakat mengetahui informasi lebih detail mengenai RS.PKT (Rumah Sakit Pupuk Kaltim) dan strategi kehumasan terkait branding untuk mengenalkan RS.PKT kepada seluruh masyarakat. PT Kaltim Medika Utama (RSPKT Group) membutuhkan sebuah kegiatan yang dapat membantu untuk meningkatkan kehumasan dan marketing di rumas sakit yang dimiliki oleh karyawan di PT Kaltim Medika Utama (RSPKT Group)

Dari permasalahan tersebut, Lembaga Pengbadian Masyarakat yang mewakili Universitas Amikom Yogyakarta mengadakan pelatihan di Ruang Auditorium RS.PKT   pada hari Selasa dan Rabu , tanggal 19-20 November  2019 pukul 08.00-17.00 WITA dengan tema “Pelatihan Kehumasan dan Marketing Rumah Sakit”. Pelatihan ini menugaskan beberapa dosen yang berkompeten dalam bidang tersebut diantaranya, Bapak Erik Hadi Saputra, S.Kom.,M.Eng., Ibu Rahma Widyawati, S.E., M.M., Ibu Mei Maemunah, S.H., M.M., Ibu Rumini, M.Kom., Ibu Alfie Nur Rami, M.Kom.

( Dokumentasi Kegiatan Pelatihan Kehumasan Dan Marketing Rumah Sakit PT Kaltim Medika Utama )

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peserta pelatihan dapat mengetahui pemahaman dasar tentang Kehumasan dan marketing Rumah Sakit dan peserta dapat mengetahui beberapa panduan strategi kehumasan dan marketing rumah sakit.