Pengenalan Media Informasi Untuk Promosi

Yogyakarta - Wujud nyata dari pengabdian masyarakat sebagai elemen Tridharma Perguruan Tinggi adalah dengan cara memberikan kontribusi langsung melalui beberapa pelatihan kepada masyarakat. Saat ini sebagian besar masyarakat tanpa kita sadari juga masih banyak yang membutuhkan beberapa pelatihan khusunya dari seorang praktisi ataupun akademisi. Tidak hanya dari segi teknologi yang perkembangannya cukup pesat akan tetapi dari berbagai hal baik segi keterampilan, bisnis, kewirausahaan, motivasi training dan masih banyak hal lagi. Dari situasi ini dapat memungkinkan kegiatan pengabdian masyarakat akan dapat dilaksanan di berbagai elemen masyarakat. Dengan begitu pemenuhan kegiatan Tridharma perguruan tinggi untuk jenis kegiatan pengabdian masyarakat akan lebih mudah terpenuhi. Paguyuban Penggiat Wisata Pagerharjo mempunyai permasalahan yakni kesulitan dalam membuat konten berita atau informasi untuk memasarkan potensi wisata lokal mereka menggunakan media informasi berupa Teknologi Informasi.

Dari permasalahan tersebut, Lembaga Pengbadian Masyarakat yang mewakili Universitas Amikom Yogyakarta mengadakan pelatihan di Balai Desa Pagerharjo Plono Barat pada hari Sabtu, tanggal 21 September 2019 pukul 08.00-12.00 WIB dengan tema “Pengenalan Media Informasi Untuk Promosi”. Pelatihan ini menugaskan beberapa dosen yang berkompeten dalam bidang tersebut diantaranya, Bapak Agung Nugroho, M. Kom, dan Bapak Bernadhed, M. Kom.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peserta pelatihan dapat mengetahui mengetahui dasar dasar terhadap konsep dasar pengetahuan tentang fungsi lain dari media informasi IT terhadap penyebaran informasi potensi wisata lokal dan dapat mengetahui beberapa wawasan teknis media media yang digunakan baik secara berbayar atau pun yang tidak seperti menggunakan website ataupun menggunakan media sosial.