Pelatihan Penggunaan Ms. Word Bagi Pemula Di Lingkungan Pemerintah Desa Dawung Tegalrejo Magelang

Yogyakarta - Pemerintah Desa Dawung adalah lembaga pemerintah yang bertugas mengelola wilayah tingkat desa yang terletak di Jalan Klopo sindas Desa Dawung Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang. Pemerintah Desa Dawung memiliki sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan yang beragam. Perkembangan di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan membuat harus semakin peka dalam peningkatan kualitas sumber daya yang dimilikinya khususnya berkaitan dengan pengolahan data.


Hasil wawancara tim dosen Universitas Amikom Yogyakarta dengan Sekertaris Desa Dawung pada tanggal 2 Desember 2019 diperoleh informasi bahwa masih ada SDM di lingkungan Pemerintah Desa Dawung yang belum menguasai kompetensi yang sesuai dengan jabatannya. Hal ini dikarenakan pada saat perekrutan SDM kualifikasi yang menjadi prasyarat tidak di spesifikasikan pada penguasaan program komputer tersebut. Oleh karena itu, Pemerintah Desa Dawung setiap tahunnya melaksanakan beberapa program pelatihan dan pengembangan SDM tetapi, pelatihan tersebut belum optimal dikarenakan tidak semua SDM mengikuti pelatihan tersebut.

Dokumentasi Pelatihan Penggunaan Ms. Word Bagi Pemula Di Lingkungan Pemerintah Desa Dawung Tegalrejo Magelang

Dokumentas Kegiatan


Dari permasalahan tersebut Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta mengadakan kegiatan Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi SDM Menggunakan Ms. Excel pada tanggal 15 Januari 2020 di Ruang Rapat Kantor Kepala Desa Dawung. Tim pelaksana dalam kegiatan ini adalah Ibu Nila Feby Puspitasari, S.Kom,M.Cs, Ibu Dr. Andi Sunyoto, M.Kom, Ibu Yuli Astuti, M.Kom, Bapak Irton, SE, M.Si, Ibu Erni Seniwati, S.Kom, M.Cs, dan Bapak Dr. Arief Setyanto, S.Si, M.T.

Dokumentasi Kegiatan


Kegiatan ini dihadiri peserta sejumlah kurang lebih 25 orang yang terdiri dari para kader Posyandu, dan Pemuda Karang Taruna Desa Dawung. Saat pelaksanaan kegiatan, peserta mendapatkan pendampingan dari tim dosen Universitas Amikom Yogyakarta. Para pendamping berfungsi membantu dan mengarahkan peserta dalam mempraktekkan materi pelatihan. Para peserta sangat antusias dan semangat mengikuti pelatihan ini terlihat dari bagaimana peserta menyampaikan pertanyaan pada pendamping saat kurang paham dan mengerjakan Latihan yang diberikan oleh pemateri.