Peningkatan Ketrampilan Penggunaan Sosial Media Whatsapp Sebagai Media Solusi Alternatif Bisnis Online

Yogyakarta - Sosrokusuman adalah salah satu daerah yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Daerah ini dikelilingi dengan mall, toko-toko disepanjang daerah Malioboro dan pasar Beringharjo. Tidak heran jika lahan kosong di daerah tersebut sangat minim, sehingga Warga sekitar sebagian besar adalah karyawan di mall atau toko-toko tersebut namun ada juga yang berdagang di sekitar halaman toko di sepanjang malioboro atau di pasar beringharjo. Namun tidak semua warga punya kesempatan untuk bisa berdagang di tempat tersebut karena keterbatasan lahan. Selain itu juga warga punya usaha katering, rental mobil dan usaha-usaha lainnya, namun pemasarannya kurang optimal. Tim PKK Sosrokusuman ingin memberdayakan warganya agar dapat menangkap peluang-peluang yang ada di sekitar wilayahnya, yaitu bisnis online dengan memanfaatkan usaha warga, pasar beringharjo dan toko-toko disekitarnya sebagai distributor. Dimana bisnis ini yaitu berdagang juga tapi tanpa butuh lahan untuk memasarkan dagangannya. Oleh karena itu, warga Sosrokusuman perlu mendapatkan pelatihan bisnis online yang mudah dijalankan dan mereka terbiasa dengan perangkat tersebut. Misalnya bisnis online menggunakan WhatsApp, bisa dijadikan sebagai alternatif. WhatsApp Marketing merupakan hal yang wajib dikuasai oleh para pebisnis karena saat ini dunia marketing sudah berkembang sangat pesat ke arah era digital. Tentu promosi dengan bantuan teknologi, jualan dan bisnis online kita akan lebih laris manis dan penjualan pun akan meningkat. Sebetulnya, kunci dari kesuksesan sebuah bisnis marketing yaitu kemauan. Namun hal tersebut harus dibarengi dengan strategi dan panduan pemasaran yang jelas.

Dokumentasi Peningkatan Ketrampilan Penggunaan Sosial Media Whatsapp Sebagai Media Solusi Alternatif Bisnis Online

Dokumentasi Kegiatan


Untuk memulai bisnis online tersebut, warga sosrokusuman memiliki beberapa permasalahan yaitu dalam persiapan dan perencanaan whatsApp marketing dan cara mempromosikan dan beriklan yang baik melalui WhatsApp Broadcast. Dari permasalahan tersebut, tim Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta yang diwakili oleh ibu Nur Widjiyati, M.Kom., Ibu Estiningsih, SE,M.M., Bapak Dr. Achmad Fauzi, MM., Ibu Sumarni Adi, S.Kom., M.Cs., dan Ibu Lilis Dwi Farida, S.Kom., M.Eng. mengadakan kegiatan pelatihan “Peningkatan Ketrampilan Penggunaan Sosial Media WhatsApp Sebagai Media Solusi Alternatif Bisnis Online” pada Tanggal 12 Januari 2020 di Balai RW Sosrokusuman. 

Dokumentasi Peningkatan Ketrampilan Penggunaan Sosial Media Whatsapp Sebagai Media Solusi Alternatif Bisnis Online

Dokumentasi Kegiatan


Saat pelatihan, peserta mendapatkan pendampingan dari tim Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta. Para pendamping berfungsi membantu dan mengarahkan peserta dalam mempraktekkan materi pelatihan. Para peserta sangat antusias dan semangat mengikuti pelatihan ini terlihat dari senyuman dan ucapan terima kasih yang peserta lontarkan berkali-kali kapada tim pengabdian masyaraka