Kegiatan Workshop Pembuatan Design Karakter Menggunakan Adobe Illustrator

Yogyakarta - Yogyakarta - Menghadapi revolusi industry 4.0 dan adanya globalisasi di tahun 2020 ini, Bapak Drs. Dahari, M.M selaku kepala sekolah SMA N 1 Minggir mengharapkan adanya pembekalan ilmu bagi siswa untuk dapat bersaing karena kedepannya pekerjaan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan mempunyai sebuah keahlian. Contohnya yaitu jasa desain untuk konten. Seiring berjalannya waktu, info yang terdapat di media sosial dibuat sedemikian rupa dengan desain yang menarik sehingga pembaca/pengunjung dapat menikmati dan memahami info yang diberikan. Hal tersebut berujung pada kebutuhan si penyedia jasa informasi untuk bisa menyuguhkan informasi yang bagus, menarik dan mudah dipahami. Contoh lain yaitu pembuatan logo ataupun karakter. Berdasar hasil wawancara tim LPM Universitas Amikom Yogyakarta dengan kepala sekolah SMA N 1 Mingir diperoleh informasi bahwa kepala sekolah SMA N 1 Mingir mengharapkan adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan siswanya untuk dapat mendesain sesuatu.

Dokumentasi suasana kelas

Dokumentasi Suasana Kelas


Karena hal tersebut, tim LPM Universitas Amikom Yogyakarta melakukan analisa dan ditemukan beberapa permasalahan yaitu, beberapa siswa masih belum terlalu paham konsep desain, dan Belum banyak siswa yang pernah menggunakan software desain seperti adobe illustrator. Dari permasalahan tersebut, tim LPM Universitas Amikom Yogyakarta yang diwakili oleh ibu Ika Asti Astuti, M.Kom mengadakan kegiatan “Workshop Pembuatan Design Karakter Menggunakan Adobe Illustrator” pada Hari Rabu, Tanggal 29 Januari 2020 di Laboratorium Komputer SMA N 1 Minggir.

 

Dokumentasi kegiatan pelatihan desing adobe ilustrator

Dokumentasi reward untuk hasil desain yang bagus


Kegiatan ini diharidir oleh 31 siswa SMA 1 N Minggir. Saat pelaksanaan kegiatan, siswa – siswa tersebut dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMMSI) sebagai asisten praktikum saat kegiatan workshop berlangsung. Saat workshop berlangsung siswa diminta untuk membuat sesuatu berdasarkan konsep ilmu yang telah dibagikan. Hasil gambar dari siswa juga mengagumkan. Banyak siswa yang sudah mampu membuat karya sesuai yang diinginkan.