Pelatihan Public Speaking Dalam Mengoptimalisasikan Kegiatan Muhadlarah di MTS Salafiyah 2 Menganti Gresik

Yogyakarta - Wujud nyata dari pengabdian masyarakat sebagai elemen Tridharma Perguruan Tinggi adalah dengan cara memberikan kontribusi langsung melalui beberapa pelatihan kepada masyarakat. Saat ini sebagian besar masyarakat tanpa kita sadari juga masih banyak yang membutuhkan beberapa pelatihan khusunya dari seorang praktisi ataupun akademisi. Tidak hanya dari segi teknologi yang perkembangannya cukup pesat akan tetapi dari berbagai hal baik segi keterampilan, bisnis, kewirausahaan, motivasi training dan masih banyak hal lagi. Dari situasi ini dapat memungkinkan kegiatan pengabdian masyarakat akan dapat dilaksanan di berbagai elemen masyarakat. Dengan begitu pemenuhan kegiatan Tridharma perguruan tinggi untuk jenis kegiatan pengabdian masyarakat akan lebih mudah terpenuhi.

Mts Salafiyah 2 Menganti Gresik merupakan madrasah tsanawiyah yang berada di bawah nanungan Yayasan Salafiyah yang berpusat di Kota Surabaya. Dalam segi pedomanan pendidikan, Mts Salafiyah 2 menggunakan metode pesantren dengan berpedoman pada ahlusunnah wal jamaah. Oleh karenanya madrasah ini mewajibkan siswa-siswinya untuk menetap di pesantren yang berada dalam naungan Yayasan Salafiyah. Selain itu, Mts Salafiyah 2 ini juga menerapkan kegiatan penunjang pesantren, kegiatan Muhadlarah misalnya. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan guna sebagai ruang bagi siswa Mts Salafiyah 2 untuk mengasah dan mengoptimalisasi kemampuan komunikasi mereka terutama dibidang dakwah. Kegiatan ini sendiri didasari oleh adanya keresahan akan fenomena munculnya banyak da’i muda yang mengutamakan communication skill dibandingkan dengan substansi pesan dakwah yang disampaikan. Pada aspek performance, tentu saja hal ini baik. Namun ironisnya, performa dan skill yang baik itu tidak diimbangi dengan substansi yang baik, yang sesuai dengan tuntunan alQur’an, Hadits, maupun kondisi sosial dan budaya sekitar. Selain itu, akhir-akhir ini ada juga kasus dakwah yang cenderung provokatif, sehingga pesan yang disampaikan lebih berkesan muatan dakwah cenderung memiliki kepentingan, baik politis maupun praktis. Dengan demikian kegiatan ini menjadi tugas penting bagi yayasan –terutama Mts Salafiyah 2- untuk menciptakan alumni yang siap mengamalkan wawasannya terkait Islam dengan communication skill yang baik, efektif dan tidak mengintimidasi.

Dari permasalahan tersebut, Lembaga Pengbadian Masyarakat yang mewakili Universitas Amikom Yogyakarta mengadakan pelatihan di Pendopo Wisma PU Yogyakarta pada hari Jumat - Sabtu  , tanggal 8-9 November  2019 pukul 17.20 WIB / Selesai dengan tema “Public Speaking Dalam Mengoptimalisasikan Kegiatan Muhadlarah di Mts Salafiyah 2 Menganti Gresik”. Pelatihan ini menugaskan beberapa dosen yang berkompeten dalam bidang tersebut yaitu, Ibu Zahrotus Sa’idah, S.I.Kom.,M.A.

Dokumentasi kegiatan

( Dokumentasi Siswa-Siswi Mts Salafiyah 2 Yang Mengikuti Kegiatan Muhadlara )

Dengan adanya pelatihan public speaking,  dapat membantu siswa Mts Salafiyah 2  dalam memetakan kelebihan dan kekurangan mereka terutama terkait komunikasi di ruang publik, mengontrol emosi dan ritme komunikasi ketika  berbicara di depan publik,  dan melakukan improvisasi saat berbicara di depan publik.