PEMANFAATAN TEKNOLOGI GAME SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA BERBASIS ANDROID PADA PAUD TERPADU ALLIFA DI MASA PANDEMI COVID-19

Yogyakarta merupakan kota yang dikenal sebagai kota pendidikan. Hal ini karena didukung oleh suasana yang kondusif untuk belajar dan memiliki tempat menuntut ilmu yang cukup banyak dibandingan kota lain, baik pendidikan formal maupun nonformal dari tingkat daycare hingga tingkat Perguruan Tinggi jenjang S3. Sleman adalah salah satu Kabupaten di Provinsi DIY yang memiliki jumlah terbanyak tempat menuntut ilmu. PAUD Terpadu Aliffa adalah salah satu tempat menunut ilmu untuk anak-anak usia ± 0 - 7 Tahun. PAUD ini terdiri dari program daycare, untuk usia anak 0 – 3 Tahun, Kelompok Bermain (KB), untuk anak usia 3 – 5 Tahun, dan Taman Kanak-Kanak (TK), untuk usia 5 – 7 Tahun. PAUD Terpadu ini di bawah pengawasan Departemen Agama, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Muhammadiyah. Gambar 1.1 adalah tampak depan PAUD Terpadu Allifa.

Sejak dikeluarkannya instruksi Presiden RI pada Tanggal 2 Juni 2020, tentang menunda masuk sekolah dan tetap melakukan pembelajaran di rumah saja. Hal ini karena masih berada di masa Pandemi Covid-19 dan dalam rangka untuk menekan jumlah korban yang terpapar pandemi ini. Anak-anak merupakan objek yang sangat rentan tertular dan  dikhawatirkan akan menyebabkan bertambahnya korban yang terpapar penyakit ini.

Ibu Dra. Sumirah, M.Pd, selaku Ketua Pengelola PAUD Terpadu Allifa, merasa perlu untuk membuat terobosan baru agar dapat tetap menyampaikan target-target pembelajarannya di masa Pandemi Covid-19 ini ke murid-murid, sesuai VISI PAUD Terpadu Allifa: “Agamis, Unggul dan Berbudaya. Target pembelajaran juga harus sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran PAUD Terpadu Allifa, yaitu salah satunya: “ Belajar melalui Bermain”. Gambar 1.2 adalah salah satu kegiatan pembelajaran program daycare, Program Kelompok Bermain (KB), dan Program Taman Kanak-Kanak (TK), sebelum adanya Pandemi COVID-19.

Dengan adanya COVID-19, kegiatan pembelajaran tersebut tidak mungkin dilakukan. Hal ini menyebabkan orang tua dan pihak PAUD Terpadu Allifa  merasa perlu untuk ada model pembelajaran alternatif selama COVID-19 ini, agar pendidikan anak dan anak didik mereka tidak terbengkalai.

Oleh karena itu, tim Pengabdian Masyarakat Universitas AMIKOM Yogyakarta menugaskan Ibu Sumarni, M.Kom dari prodi S1-Informatika untuk melakukan kegiatan pembuatan dan pendampingan penggunaan game mengenal Angka berbasis Android mulai dari pekan ke-3 Juni sampai pekan ke-4 Juli  2020  di rumah tim pelaksana dan PAUD Allifa. Adapun hasil luaran dari kegiatan ini yaitu adanya media pembelajaran alternatif mengenal angka yang sesuai Misi dan Prinsip Pembelajaran PAUD Terpadu Allifa berbasis Game Android, untuk memberikan pemahaman wawasan dan budaya teknologi informasi serta pemahaman media pembelajaran alternatif berbasis game, dan untuk meningkatan dan ekspansi media pembelajaran alternatif berbasis teknologi pada PAUD Terpadu Allifa.