Membangun Unit Usaha Berbasis Teknologi Informasi pada SMK PIRI 1 Yogyakarta

Yogyakarta –  Dunia pendidikan terdampak imbas sangat besar di masa pendemi ini, salah satunya terjadi pada SMK PIRI 1 Yogyakarta. SMK PIRI 1 Yogyakarta adalah sekolah menengah kejuruan yang beralamat di Jl. Kemuning No.14 Baciro, Kota Yogyakarta. SMK PIRI 1 Yogyakarta memiliki 5 Program keahlian yaitu Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Audio Video (TAV), Teknik Pemesinan (TP), Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Sepeda Motor (TSM).

Karena pandemi, jumlah siswa yang mendaftar di SMK PIRI 1 Yogyakarta menurun drastis. Salah satu upaya dari pihak sekolah SMK PIRI 1 Yogyakarta untuk bisa tetap bersaing dengan sekolah lainnya adalah dengan mempromosikan dan menjual apa yang sudah di hasilkan oleh SMK PIRI 1 Yogyakarta menggunakan teknologi informasi.

Untuk mendukung upaya tersebut, Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas AMIKOM Yogyakarta menugaskan salah satu dosen AMIKOM yaitu Bapak Eko Pramono,S.Si., M.T dan Ibu Nur Widjiyati, M.Kom. untuk melakukan pendampingan kepada siswa/siswi SMK PIRI 1 Yogyakarta pada tanggal 16-17 November 2020. Pendampingan tersebut berkaitan tentang cara membangun unit usaha berbasis teknologi informasi. Harapan dari pendampingan ini adalah supaya SMK PIRI 1 Yogyakarta dapat di kenal luas masyarakat dan juga menarik minat siswa/siswi SMP untuk masuk di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Selain itu, pihak sekolah SMK PIRI 1 Yogyakarta ingin memberdayakan siswa siswinya agar dapat menangkap peluang usaha melalui teknologi informasi