Inovasi Teknologi Website Untuk User Reseller Di Bidang Fesyen Muslim pada Fahimashop

Pada hari Jumat, tanggal 3 September 2021 tim dosen dan mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta melaksanakan pendampingan dan sekaligus pelatihan secara daring penggunaan sistem informasi user reseller di bidang fesyen muslim bagi pemilik Fahimashop. Fahimashop merupakan sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dibidang fesyen yang berlokasi di Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebagai distributor, Fahimashop sudah memiliki personal brand dan dikenal memiliki produk dengan harga terjangkau. UMKM ini dijalankan secara sederhana dan elementer oleh Ibu Ulya Fikri sebagai pemilik butik di rumahnya untuk kegiatan membantu perekonomian keluarganya. Bisnis ini merupakan kegiatan pemasaran beberapa produk sebagai distributor, seperti gamis brand Alwa hijab, Aden hijab, Salvina hijab, baju koko, gamis anak, dan baju koko anak. Sasaran konsumen yang dibidik oleh Fahimashop adalah bersifat user reseller dan juga untuk konsumsi pribadi.

Selama menjalankan unit bisnisnya, Fahimashop belum menemukan cara atau metode yang tepat dan efisien dalam melakukan transaksi pembelian dan pembayaran untuk reseller. Pada saat tim kunjungan lapangan, diketahui bahwa Fahimashop menggunakan cara pembayaran tunai atau transfer uang via bank. Disaat yang sama, Fahimashop juga belum bisa memberikan informasi yang sesuai kebutuhan ataupun bersifat rekomendasi yang tepat untuk user reseller. Media promosi dan pemasaran masih menggunakan cara elementer kepada kolega dan lingkup masyarakat setempat dengan memanfaatkan media sosial Whatsapp.

Pembangunan sistem informasi berbasis web untuk user reseller fesyen muslim ini berlangsung selama tiga bulan terhitung sejak bulan Juni hingga Sepember 2021. Tim pelaksana dalam kegiatan ini adalah Ibu Emigawaty, M. Kom. (Dosen), dan Muhammad Reunaldi (Mahasiswa) dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Yogyakarta. Dengan adanya website user reseller ini, diharapkan dapat memberikan solusi yang lebih efektif dalam hal promosi produk fesyen muslim pada Fahimashop. Selain itu, harapannya website yang dibangun dapat mendukung pihak mitra Fahimashop dalam melakukan transaksi khusus reseller dan informasi persediaan barang yang selama ini menggunakan cara sederhana. Nilai tambah lain dari kegiatan PKM dapat memberikan peluang untuk menambah kuantitatif penjualan dengan jangkauan pelanggan yang lebih luas.