Sosialisasi Program Kerja Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat Teknologi Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Kampung Bener

Kampung Bener, Tegalrejo Kota Yogyakarta – Pada Hari Kamis, tanggal 28 Juli 2022 bersama  para pengurus BERAMAL dan Bapak/Ibu Direktur Bank Sampah sejumlah 21 orang yang telah mengikuti kegiatan sosialisasi program kerja pengabdian program kemitraan masyarakat teknologi pengelolaan sampah terpadu berbasis pemberdayaan masyarakat Kampung Bener. Tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan gambaran kepada para pengurus BERAMAL dan Bapak/Ibu Direktur Bank Sampah tentang program kerja yang akan dilakukan dalam waktu ke depan. Kegiatan dilakukan oleh team pengabdian masyarakat sebanyak 2 orang Dosen Universitas Amikom Yogyakarta dan 3 orang mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta.

Teknis pelaksanaan diawali dari penjelasan tentang latar belakang dari kegiatan ini yaitu disampaikan tentang jumlah sampah yang masuk ke TPA Piyungan berasal dari Kota Yogyakarta setiap harinya, selain itu diangkat pula bahwa pengelolaan sampah pada TPA Piyungan juga memiliki keterbatasan sehingga tidak dapat berjalan secara maksimal. Maka dari latar belakang inilah Tim Pengabdi mengajak untuk bekerja sama untuk memupuk kesadaran masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sampah dengan penerapan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) melalui Bank Sampah. Bank Sampah merupakan solusi dalam memecahkan permasalahan di Kota Yogyakarta, demikian pula di Kampung Bener yang memiliki 4 Bank Sampah di 4 RW yang ada di Kampung Bener meliputi: Bank Sampah Ben Resik RW 1, Bank Sampah Salingsih RW 2, Bank Sampah Pakerti RW 3, dan Bank Sampah Gumregah RW 7. Maka, dengan keberadaan 4 Bank Sampah ini metode yang akan diterapkan bersifat kemitraan masyarakat hal ini membutuhkan partisipasi masyarakat untuk melaksanakan program ini, sehingga Bank Sampah merupakan motor penggerak dalam pelaksanaan program ini. Selanjutnya dijelaskan tentang berbagai macam program kerja yang akan diterapkan, tentunya program kerja ini akan memaksimalkan fungsi bank sampah yang sudah ada di Kampung Bener. Akhir sesi kegiatan sosialisasi ini Bapak Rizky Sukma Kharisma, M.Kom menjelaskan tentang pembuatan sistem informasi bank sampah dan kedepan juga akan diadakan kegiatan pelatihan terkait dengan penggunaan sistem informasi bank sampah ini. Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan diskusi tanya jawab seputar materi sosialisasi. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini berlokasi di Aula Kelurahan Bener dengan durasi kegiatan yaitu 2,5 jam dimulai dari pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB. 

 

Team Pengabdi:
Rizqi Sukma Kharisma, M.Kom  dan Vidyana Arsanti, S.Si.,M.Sc. 
Universitas Amikom Yogyakarta