Pelatihan Manajemen Podcast untuk YKAKI Yogyakarta

Podcast adalah salah satu tempat dimana orang yang memiliki skill bidang content creator dan public speaking memberikan informasi yang akan diberikan kepada audince secara virtual. Pada masa pandemi ini, keberadaan podcast dirasa cukup penting, karena proses interaksi dapat dilakukan secara asinkronous sehingga bertemunya secara fisik dapat dihindari untuk meminimalisir terpaparnya covid-19.


Yayasan Kasih Kanker Anak Indonesia
Yayasan Kasih Kanker Anak Indonesia (YKAKI) memiliki sebuah sekolah bagi anak-anak masa pengobatan kanker di shelter dengan nama Sekolah-Ku. Visi YKAKI bahwa setiap anak Indonesia yang menderita kanker berhak mendapat pengobatan serta perawatan yang sebaik-baiknya, juga hak belajar maupun hak bermain walaupun dalam keadaan sakit. Adapun misi yang dimiliki YKAKI yaitu (1) Memberikan “Awareness” mengenai kanker pada anak kepada masyarakat luas antara lain pada dokter-dokter di PUSKESMAS, kader-kader PKK, Paramedis, sekolah-sekolah dan masyarakat umum lainnya; (2) Mendukung program pemerintah serta melengkapi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh berbagai organisasi antara lain dengan menyediakan rumah singgah, pendidikan di rumah sakit, transportasi, membantu ”mengejar” pasien yang tidak melanjutkan pengobatan serta melaksanakan “awareness/public education” bagi masyarakat umum; (3) Menggalang dana serta dukungan dari berbagai pihak yang “peduli kanker pada anak” untuk menunjang kegiatan-kegiatan YKAKI. Saat ini YKAKI tersebar di delapan wilayah di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Riau dan Manado. Hasil wawancara bersama Satria Kharimul Qolbu, Kepala Sekolah YKAKI Yogyakarta (ketiga dari kanan), Salah satu masalah yang dihadapi YKAKI Yogyakarta adalah bagaimana cara membranding YKAKI melalui pembuatan Podcast dengan memanfaatkan tempat dan SDM yang dimiliki.


Program Abdimas Amikom Yogyakarta
Salah satu tugas dosen pada Tridharma Perguruan Tinggi yaitu melaksanakan pengabdian masyarakat. Berangkat dari permasalahan yang dialami oleh YKAKI Yogyakarta, Ika Asti Astuti, S.Kom., M.Kom. (kiri) dan Agit Amrullah, S.Kom., M.Kom. (kanan) telah melaksanakan pelatihan hardskill dan softskill sebagai bentuk dari Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat Skema TDPT Tahun 2022. Adapun pelatihan yang diberikan dalam bentuk edukasi mengenai Manajemen konten dan SDM Podcast, membangun sebuah studi podcast sederhana, dan pelatihan pembuatan podcast menggunakan aplikasi OBS Studio. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan edukasi mengenai kanker anak pada masyarakat luas dapat dilakukan dengan baik dan secara interaktif secara visualisasi. Metode yang dilakukan adalah lebih kepada Edukasi mengenai Manajemen Podcast pada yayasan sosial Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Yogyakarta, sebagai bentuk penyelesaian permasalahan dalam tim internal sosial media untuk meningkatkan eksistensi Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Yogyakarta di media sosial sehingga cakupan dalam menarik minat donatur diharapkan semakin tinggi.