Pelatihan Jaringan Komputer CISCO Kepada Para Siswa SMK N 2 Yogyakarta

Program Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta kali ini, berupa peningkatan kemampuan anak-anak SMK di bidang Information and Communication Technology (ICT)  dengan menerapkan Cisco Networking Academy Program (CNAP) untuk siswa SMK salah satunya SMK N 2 Yogyakarta. Tujuan dari pelatihan ini untuk memperdalam ilmu jaringan komputer terutama pada materi Subnetting dan VLSM (Variable-Length Subnet Masks).

Kegiatan ini diadakan di Lab 13 Gedung 2 Lantai 2 Universitas Amikom Yogyakarta pada hari Kamis dan Jumat, tanggal 22-23 Februari 2018. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 s/d 14.30 WIB. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 130 peserta dari siswa SMK N 2 Yogyakarta. Materi yang disampaikan adalah pengenalan aplikasi simulasi jaringan Packet Tracer, Topologi Jaringan, Subnetting, VLSM (Variable-Length Subnet Masks).

Pemateri pelatihan ini disampaikan oleh dosen Universitas Amikom diantaranya Lukman, M.Kom., Banu Santoso, S.T., M.Eng., Andika Agus Slameto, M.Kom., I Made Artha Agastya, S.T., M.Eng., Ryan Putranda Kristianto, S.Kom., M.Kom., dan Yudi Sutanto, M. Kom.

Harapan kedepan dari kegiatan pelatihan ini semoga para siswa dapat memahami materi subnetting dan VLSM (Variable-Length Subnet Masks) serta mewujudkannya dalam kerja praktek dilapangan, sehingga kedepannya dapat menjadi seorang network engineer atau admin jaringan yang profesional.