>

Seniman IT Pegiat Produk Start-up Unjuk Gigi di AMICTA 2018

Malam inagurasi AMICTA 2018 - www.amicta.amikom.ac.id

Tahukah kamu apa itu AMICTA? AMICTA merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan budaya kompetisi yang diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia khususnya civitas akademika Universitas Amikom Yogyakarta. AMICTA diselenggarakan pertama kali pada tahun 2008. Pada tahun 2018 ini penyelenggaraan AMICTA ke 11.  AMICTA dibagi menjadi 3 kategori peserta yaitu Mahasiswa AMIKOM dan peserta Pelajar dari SMA/SM/Se-derajat seluruh Indonesia, dan Mahasiswa Umum atau Alumni Universitas Amikom Yogyakarta. Pada tahun 2008-2015 kompetisi AMICTA masih bersifat local, dimana peserta dari lomba ini berasal dari mahasiswa AMIKOM saja. Namun perubahan terjadi pada tahun 2016 hingga sekarang, skala kompetisi AMICTA telah masuk ke taraf nasional.

Kompetisi produk TIK untuk Mahasiswa AMIKOM ini dibagi menjadi 10 (sepuluh) kategori yaitu Application Tools & Platforms, E-Learning, Financial Industry Application, Government & Public Sector, Digital Animator, Games, Health & Well-being, Research and Development, Inclusion and Community, dan Tourism and Hospitally. Sedangkan kategori Mahasiswa Umum dan Alumni AMIKOM terbagi menjadi 3 (tiga) kategori yaitu Hardware, Software, dan Startup. Kompetisi ini terbuka untuk Civitas Akademika Universitas AMIKOM Yogyakarta. Pelajar SMA/K, dan Mahasiswa Umum atau Alumni secara Free.

Pada tahun ini, kompetisi ICT terbesar di AMIKOM ini telah diikuti oleh 136 karya, kemudian dilakukan seleksi karya yang layak untuk dilombakan menjadi 76 karya yang dibagi menjadi 15 kategori. Semangat dan antusias yang tinggi peserta  dari Mahasiswa, pelajar dan alumni AMIKOM dalam mengikuti AMICTA 2018. Ide kreatif dan karya inovatif kembali diumumkan pada malam inagurasi AMICTA (AMIKOM ITC Awards) 2018, pada Sabtu (1/9/2018) di ruang Cinema AMIKOM.  Direktur Lembaga Pengabdian Masyarakat, bapak Heri Sismoro, M.Kom, beserta jajarannya turut hadir untuk menjadi saksi pada malam inagurasi AMICTA tahun ini. Berbagai jenis karya kreatif dan inovatif di tampilkan disini, sehingga dapat memacu semangat dan daya pikir kreatif peserta untuk terus mengembangkan inovasi karya terbaik dan bermanfaat. 

Ketua pelaksana, Anggit Dwi Hartanto menyampaikan tujuan digelarnya AMICTA ini adalah untuk meningkatkan budaya berprestasi, menyiapkan karya-karya yang akan disiapkan ke jenjang yang lebih tinggi, menyiapkan karya agar memiliki Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) serta terciptanya startup industry dibidang IT.

Dari berbagai jenis karya yang dilombakan, hanya 15 karya kreatif dan inovatif yang dapat meraih penghargaan dan gelar juara pada AMICTA 2018 ini.  Berikut adalah pemenang AMICTA 2018 :

No

Kategori Produk

Pemenang

Nama Karya

1

Application Tools & Platform

Winner

HomestayJogja.co.id

Merit

HYGIBAG (Tas yang dapat menghilangkan bau kuman dan bakteri)

2

Digital Animation

Winner

SODOR

Merit

Smile Short Animation

3

E-Learning

Winner

KAMPUSKITA

Merit

LJK Checker - Koreksi LJK dengan Android

4

Financial Industry Application

Winner

Simpanan Pelajar (SIMPEL)

Merit

MAKAKU (Manajemen Keuanganku)

5

Games

Winner

Shoot The Smart Duck

Merit

Pearl Hunter

6

Government & Public Sector

Winner

SMART PARKING

Merit

Jimpitan

7

Health & Well-being

Winner

Keyboard dan Mouse Kaki untuk Tunadaksa

Merit

KeNu (Keyboard Nusantara)

8

Inclusion & Community

Winner

Kagura Poultry

Merit

Laskar Sedekah

9

Research & Development

Winner

EXON

Merit

Golek Smart Bike

10

Tourism and Hospitality

Winner

SUITLOCK (Koper Anti Maling)

Merit

MyHolidayID

11

Start Up Mahasiswa Umum dan Alumni Amikom

Winner

MASSA (Monitoring Akademis Siswa)

Merit

Pijar Career Center

12

Hardware Mahasiswa Umum dan Alumni Amikom

Winner

PIGMI Mini 3D Printer

 

Merit

RubbishTronz

13

Software Mahasiswa Umum dan Alumni Amikom

Winner

Genwis

Merit

PIXIO-Image Forgery Detector

14

SMA/K Hardware

Winner

ANEDIZER (Ambulance Bed Stabilizer)

Merit

SIMPAS (SIMPAN PASSWORD)

15

SMA/K Software

Winner

S-LOCKDROID (Smart Locker based on Android)

Merit

UrCalorie