Sosialisasi dan Simulasi Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Sleman Berbasis E-Voting

Untuk mendukung Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Sleman Berbasis E-Voting, Universitas Amikom Yogyakarta mengadakan Sosialisasi dan Simulasi Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Sleman Berbasis E-Voting. Sosialisasi dan simulasi ini ditujukan untuk sivitas akandemik Universitas Amikom Yogyakarta. Dalam kegiatan ini dilkukan simulasi proses pemilihan, dimulai verifikasi data, generate V-Token, dan pemilihan calon dengan menggunakan komputer touch screen. Kegiatan ini dilaksanakan di Basement Gedung 5 Universitas Amikom Yogyakarta pada 20 Februari 2020.

Pemerintah Kabupaten Sleman pada tahun 2020 ini, pertama kali menggunakan metode e-voting dalam pemilihan kepala desa pada 1200 TPS. Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakar Desa (PMD) bekerja sama dengan beberapa universitas termasuk Univeritas Amikom Yogyakarta untuk penyediaan Tenaga Teknis Lapangan (TTL). Petugas TTL ini  berasal dari mahasiswa yang nantinya akan bertugas pada TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sleman.

Setelah melakukan pelatihan kepada para TTL, Dinas PMD meminjamkan dua set perangkat e-voting yang dapat digunakan untuk pendalaman materi bagi para TTL. Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta di bantu oleh tim TTL  dari mahasiswa berinisiatif untuk mengadakan Sosialisasi dan Simulasi Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Sleman Berbasis E-Voting. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para TTL dalam pengoperasian perangkat E-Voting sekaligus untuk memberikan informasi kepada masyarakat khususnya sivitas akandemik Universitas Amikom Yogyakarta. Sosialisasi ini juga dianggap penting, karena metode yang dulunya pencoblosan manual berubah menjadi terkomputrisasi. (Ma-Suk)