DEMI KELANCARAN E-VOTING PILKADES SLEMAN 2020, AMIKOM LAKUKAN PELATIHAN TENAGA TEKNIS LAPANGAN

Yogyakarta - Wujud nyata dari pengabdian masyarakat sebagai elemen Tridharma Perguruan Tinggi adalah dengan cara memberikan kontribusi langsung melalui beberapa pelatihan kepada masyarakat. Saat ini sebagian besar masyarakat tanpa kita sadari juga masih banyak yang membutuhkan beberapa pelatihan khusunya dari seorang praktisi ataupun akademisi. Tidak hanya dari segi teknologi yang perkembangannya cukup pesat akan tetapi dari berbagai hal baik segi keterampilan, bisnis, kewirausahaan, motivasi training dan masih banyak hal lagi. Dari situasi ini dapat memungkinkan kegiatan pengabdian masyarakat akan dapat dilaksanan di berbagai elemen masyarakat. Dengan begitu pemenuhan kegiatan Tridharma perguruan tinggi untuk jenis kegiatan pengabdian masyarakat akan lebih mudah terpenuhi. 

Pemerintah Kabupaten Sleman akan mengadakan pemilihan kepala desa Tahun 2010 dengan menggunakan pemilihan secara elektronik yang disebut E-Voting. Permasalahan yang muncul adalah diperlukan Tenaga Teknis Lapangan (TTL) kalangan mahasiswa yang nanti akan menjadi tim teknis ketika terjadi kendala di penggunaan perangkat komputer tersebut. Maka diperlukan beberapa tim teknis lapangan tersebut yang dipersiapkan dan diberikan pelatihan agar mampu mendukung kebutuhan tersebut dengan melibatkan mahasiswa intra Institusi Universitas Amikom Yogyakarta.

Pelatihan ini telah dilaksanakan pada tanggal 2 Meret 2020 di Universitas Amikom Yogyakarta. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada Tenaga Teknis Lapangan PILKADES Sleman tentang peralatan teknis, tahapan proses pemasangan dan troubleshooting terhadap peralatan E-Voting. Tim pelaksana dalam kegiatan ini adalah Bapak Heri Sismoro, M. Kom, Bapak Mei P. Kurniawan, M. Kom., Bapak Barka Satya, M.Kom., Bapak Donny Ariyus, S.S., M.Kom., dan Ibu Winda Mega P, M. Kom.