Pembuatan Animasi Motion Graphic Sebagai Media Informasi Protokol Kesehatan Pada Pusat Wisata

Yogyakarta - Pandemi Covid-19 mempunyai dampak yang sangat luas di berbagai sektor, diantaranya bidang pariwisata. Kenormalan baru dalam bidang pariwisata menjadi hal yang harus diterapkan para stakeholders karena sektor pariwisata sebagai pemasukan utama untuk menghindari krisis ekonomi yang berkepanjangan karena beberapa negara telah menyentuh level terendah dari perkembangan ekonomi domestik dan berdasarkan prediksi para ahli ekonomi kenormalan baru merupakan jawaban untuk mengatasi semua masalah pasca pandemi (Thomas, 2020)

Pada bulan September 2020, tim Pengabdian Masyarakat Universitas AMIKOM Yogyakarta menugaskan Bapak Mei P. Kurniawan dari dosen prodi S1-Sistem Informasi untuk melakukan observasi di Taman Pinter terkait sistem pelayanan pada Taman Pintar di masa pandemi Covid-19 ini. Dari observasi tersebut, Taman Pintar cukup terdampak karena turunnya jumlah pengunjung sampai dengan hanya 20% dari total kunjungan normal. Upaya untuk memaksimalkan kepedulian pengunjung terhadap protokol kesehatan terus dilakukan, salah satunya dengan memanfaatkan media informasi berbentuk animasi. Penggunaan animasi dengan teknik motion graphic akan sangat efektif dan mudah dipahami oleh para pengunjung.

Taman Pintar Yogyakarta adalah wahana pendidikan yang memberikan pelayanan untuk mengembangkan sumber daya manusia di bidang sains dan teknologi. Di masa pandemi covid-19 ini, Taman Pintar telah menyiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan dalam melaksanakan kenormalan baru, namun dalam upaya persiapan tersebut dirasa masih kurang maksimal dalam menyampaikan informasinya, karena sebagian besar pengunjung Taman Pintar adalah anak-anak.

Karena hal itu dilakukan kegiatan pelatihan membuat animasi motion graphic mengenai protokol kesehatan sebagai media informasi untuk para calon pengunjung Taman Pintar Yogyakarta pada hari Rabu, 25 November 2020 di Taman Pintar Yogyakarta. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta yaitu Iyan Nur Alfisyhar. Dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu menyampaikan informasi bagi calon pengunjung melalui video animasi tentang pencegahan serta pengendalian Covid-19 di Taman Pintar Yogyakarta.