Meningkatkan Branding Produk Untuk Pemasaran Online Saat Pandemi Covid-19 Pada UKM Serba Bisa Tailor Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Kemajuan sebuah UKM biasanya diukur dari keberhasilan dalam memanajemen usahanya hingga memperoleh omset yang besar. Namun hal tersebut juga dipengaruhi oleh situasi dan kondisi suatu daerah atau negara terhadap keadaan ekonomi sekitar. Semenjak ditetapkannya situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia ini, beberapa pelaku usaha merasakan dampaknya secara langsung. Terutama pelaku usaha yang masih menjalankan sistemnya secara manual, artiya belum memanfaatkan segala teknologi yang modern seperti sekarang ini. Salah satunya UKM Serba Bisa Tailor yang bergerak di bidang jasa jahit ini masih menggunakan cara konvensional untuk segi pemasarannya dan akibatnya saat situasi pandemic seperti saat ini sangat terasa dampaknya. Yang sebelumnya pendapatannya stabil, akibat dari peraturan pemerintah terkait pembatasan segala aktivitas dan kegiatan, maka UKM Serba Bisa Tailor ini mengalami penurunan omset. Mendengar hal tersebut salah satu Dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Amikom telah melakukan kerjasama dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat dengan mitra UKM Serba Bisa Tailor.

Dalam kurun waktu sekitar lebih kurang 6 bulan dimulai dari bulan Juni sampai dengan November kegiatan ini berlangsung dan dilaksanakan dengan baik sehingga menghasilkan sebuah output berupa Teknologi Tepat Guna dalam bentuk beberapa akun yang dapat digunakan untuk berjualan secara online melalui tokopedia dan olx. Disamping itu terdapat juga media sosial yang dipakai untuk menunjang segi pemasaran yaitu melalui media instagram. Tidak hanya itu saja, dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini juga membuat beberapa agenda pelatihan yang dilakukan secara daring/online melalui google meet. Pelatihan tersebut meliputi Pelatihan Pengemasan/Packaging Produk, Pelatihan Pengenalan E-Commerce, Pelatihan Pengenalan Foto Produk, dan Pelatihan Inovasi Pengembangan Produk

Agus Fatkhurohman, M. Kom selaku Dosen dari Program Studi Sistem Informasi dan juga sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini mengadakan pelatihan tersebut guna untuk melakukan pendampingan terhadap strategi branding melalui pemasaran online agar omset UKM tersebut dapat membaik,dari sebelumnya akibat terkena dampak langsung dari situasi pandemi covid-19 ini. Untuk menunjang pelaksanaan strategi branding produk melalui pemasaran online tersebut, selaku pengabdi juga membantu dalam perihal peralatan hardware berupa modem, peralatan penunjang fotografi hingga membantu dalam segi hal kuota internet. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar UKM Serba Bisa Tailor tersebut mampu bangkit lagi dari keadaan sebelumnya dan tetap fokus untuk segi pemasaran online dan perluasan inovasi produk.